Mengenal Olahraga Slackline



Assalamu'alaikum Wr.Wb
Halo agan semua ! Pada postingan kali ini, admin akan mengenalkan kepada sobat tentang olahraga Slackline, olahraga yang baru-baru ini sedang booming di Indonesia.
Langsung aja sobat, Slackline, salah satu cabang olah raga menarik yang mungkin terdengar baru di telinga Sobat. Olah raga ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri, namun apabila sobat mencobanya, sobat pasti akan ketagihan dengan olahraga yang satu ini..Slackline adalah olahraga yang menitikberatkan pada keseimbangan, konsentrasi, dan fokus di atas tali pipih (webbing) selebar dua setengah atau lima sentimeter di antara dua titik . Hal ini memungkinkan slacker ( sebutan untuk pegiat olahraga slackline ) dapat berjalan atau bahkan melakukan gerakan-gerakan unik di atas webbing.

Slackline adalah olahraga yang pertamakali berkembang di Amerika Serikat, pada tahun 1983, dua orang pendaki asal Amerika Serikat Adam Grosowsky dan Jeff Ellington memasang sebuah tali kabel pada jurang Lost Arrow Spire, Yosemite Amerika setinggi 880 meter dan selebar 17 meter, tapi pada saat itu tak satu pun yang dapat melaluinya, hingga pada tahun berikutnya Scott Balcom dan Darrin Carter berhasil menyeberangi jurang tersebut, mereka telah mengganti mengganti media kabel dengan anyaman nilon dan itu merupakan lahirnya slackline untuk pertama kalinya sobat.

Kejuaraan dunia Slackline untuk pertama kalinya diadakan pada tahun 2008 dan berlanjut menjadi agenda tahunan hingga saat ini. Tiga tahun kemudian, pada tahun 2011 secara resmi diresmikan federasi dunia yang mewadahi olahraga slackline bernama WSFed. Rekor baru Slackline terus bermunculan seperti lintasan longline terjauh, lintasan highline tertinggi, ataupun aksi-aksi berbahaya yang disebut free solo (tanpa pengaman).

Hingga Saat ini, rekor untuk longline kategori putra dipegang oleh Jerry Miszewsky yang dipecahkan pada tanggal 17 Mei 2012 dengan lintasan webbing sepanjang 1,621 kaki atau sepanjang 494 meter, sedangkan rekor longline putri dipegang oleh Faith Dickey dengan lintasan webbing sepanjang 220 meter.

Slackline sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 2008, ketika itu Arka Setiawan, seorang penggiat tebing Yogyakarta, mencoba olahrga itu di sebuah kota di Jerman, Arkan akhirnya memperkenalkan olahraga itu ke Indonesia, namun sayang usaha nya tidak membuahkan hasil, dan seorang Slacliner asal Australia pun pernah memperkenalkan olahraga ini diBali, namun gagal juga.

Sampai akhirnya sekitar tahun 2011 di Bandung muncul sebuah grup yang bernama Pushing Panda mencoba untuk mempopulerkan Slackline, dan hasilnya dalam beberapa bulan , muncul grup Slackline dibeberapa kota seperti, Jakarta, Solo, Bali dan sempat diberitakan oleh beberapa media cetak, sehingga sekarang bermunculan orang-orang yang ingin mencoba olahraga yang mengandalkan keseimbangan ini.

Dibawah ini ada dua video tentang olahraga Slackline yang dari acara Slackline World Cup 2013 yang diadakan diMunich dan video tentang Slackliner dari Bandung.

http://youtu.be/ONmIPRAhOlI


http://youtu.be/kJAMaVB4gZo

Gimana sobat ? Tertarik mencobanya?. Kalau sobat ingin mencobanya, pastikan sobat sudah yakin untuk mencobanya. Paling-paling ya kasihan lah pada tulang-tulang sobat. Sekian sampai disini, semoga postingan ini dapat menambah wawasan sobat semakin luas. Gutlak ^_^

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »