Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Blogging Sebagai Penghimpun Dolar"


"Blogging Sebagai Penghimpun Dolar"
(Oleh : Ahmad Khoirul Basyari)



ABSTRAK
Awalnya, blogging muncul dalam web log pribadi, di mana seseorang akan membuat  jurnal tentang hari mereka. Dari "web log" tersebut kemudian muncullah istilah "blog."
Seperti kebanyakan inovasi baru di Internet, banyak pengusaha melihat potensi pemasaran dalam memiliki sebuah blog, dan blogging pun akhirnya berangkat dari sana. Blog kini tidak hanya digunakan untuk bidang pemasaran, tetapi blog juga bisa menjadi bisnis rumah dan dari dirinya sendiri yang sangat menjanjikan.

BAB I
PENDAHULUAN

I.1.  Latar Belakang
Manusia telah mengalami perkembangan di berbagai bidang dalam setiap periode waktu yang dilewatinya, dari zaman purbakala sampai dengan zaman modern sekarang ini. Peradaban manusia pun telah mengalami kemajuan yang pesat semenjak begitu mudahnya manusia mendapatkan akses internet. Berbagai inovasi dan kreativitas terus bermunculan untuk memanfaatkan internet sebagai indikator pemudah kehidupan manusia. Seperti halnya kemudahan dalam berbelanja, memperoleh ilmu, bekerja, transaksi, dan komunikasi.
Bidang komunikasi adalah bidang yang paling dirasakan manfaatnya didunia saat ini berkat adanya internet. Seorang ayah sudah tidak perlu lagi harus bertemu langsung secara empat mata dengan anaknya yang sedang merantau jauh hanya untuk mendapatkan informasi bahwa anaknya hidup dalam kebahagiaan. Ia kini bisa menggunakan fasilitas internet untuk bisa berkomunikasi jarak jauh. Seorang pedagang tidak perlu lagi susah payah mencari pembeli. Seorang sopir taksi kini lebih mudah mendapatkan pelanggan. Seorang penulis tidak perlu lagi cemas tentang bagaimana ia bisa meraih jumlah pembaca yang banyak. Pekerja full-time kini tidak perlu murung untuk bisa memperoleh informasi terbaru tentang situasi dan kondisi yang berkaitan dengan dirinya. Semua itu tidak lepas dari mudahnya kini kita memperoleh informasi dari segala bidang baik untuk pribadi maupun publik karena kita mampu melakukan komunikasi jarak jauh.
Aktivitas blogging mulai muncul seiring dengan permintaan orang-orang akan adanya informasi yang mudah didapat demi untuk memperbarui serat meningkatkan wawasan mereka.  Kompetisi untuk membuat blog  yang kredibel dari tahun ke tahun pun terus menggeliat. Berbagai cara dilakukan oleh blogger untuk membentuk karakter pada blog yang mereka buat untuk menarik pembaca yang banyak. Seperti halnya dari segi tema blog, desain atau tampilan blog, gaya bahasa, dan lain sebagainya. Kompetisi ini tidak lain tidak bukan semata-mata ditujukan untuk meraup keuntungan yang besar.
Tidak ada yang menyadari, blog yang dahulu hanya sebatas untuk menyampaikan ekspresi, opini, dan perspektif, kini hampir kesuluruhan blog digunakan untuk pemasaran konten. Meraup dolar sudah bukan hal yang tidak mudah bagi seorang blogger. Buktinya pun telah disampaikan oleh situs-situs ternama seperti Huffington Post, TechCrunch, Engadget, Mashable, dan ThinkProgress. Jutaan dolar telah mereka hasilkan. Dilihat dari setiap hari miliaran orang dapat mengakses internet, maka sudah dapat dipastikan masih ada jutaan dolar lainnya untuk siap dialirkan. Hal tersebut tentu bergantung pada bagaimana blogger benar- benar memanfaatkan peluang ini.        
I.2. Rumusan  Masalah
a)      Apa yang dimaksud dengan blogging?
b)      Bagaimana cara memulai blogging?
c)      Apa saja keuntungan yang didapat dari blogging?
d)     Bagaimana cara mendapatkan uang dari blogging?
e)      Bagaimana cara blogging yang benar?
I.3. Tujuan
Tujuannya dari laporan yang saya buat ini adalah :
·         Mengetahui dan kemudian melaksanakan kegiatan blogging sebagai kegiatan yang memilik potensi bisnis yang sangat baik secara mendalam.
·         Mengetahui bagaimana blogging yang baik dan benar yang kemudian dimanfaatkan untuk meraih keuntungan.
BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Blogging
Blogging adalah suatu aksi atau kegiatan dalam rangka menulis untuk blog dari si pemilik blog-disebut juga blogger. Sedangkan dilansir dari situs ternama dictionary.com, blog sendiri adalah website yang berisi dari seorang penulis atau sekelompok penulis, observasi, opini, dll, dan blog ini sering memiliki gambar-gambar dan link-link ke website yang lain.
Kebanyakan orang menganggap blog sebagai perwujudan dari online diary. Merupakan alasan bagus bagi kebanyakan orang untuk mengaitkan blogging dengan penulisan diary mereka. Hal tersebut adalah kegiatan blogging yang ada sebelum orang-orang mulai memperhatikan niche blogging-merupakan sebuah bentuk pemetakan atau pengklasifikasian blog berdasarkan jenis dan isi/kontennya- dan berpikir untuk memanfaatkan blogging selain sebagai langkah penyampaian ekspresi. 

B. Langkah-langkah memulai blogging
Ada 4 langkah dasar dalam memulai blog:
1.    Menentukan tentang apa blog Anda dibuat
Jika Anda bagian dari bisnis, perusahaan atau organisasi, langkah ini akan mudah untuk dijalankan. blog Anda harus berhubungan dengan produk atau layanan yang diberikan, atau penyebab Anda mempromosikan bisnis, perusahaan atau organisasi Anda.
Jika Anda seorang individu, Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas dengan pilihan topik. Hal-hal utama yang perlu diingat adalah:
·        Blog tentang sesuatu yang Anda nikmati.
·        Blog tentang sesuatu dengan banyak ruang untuk diskusi.
·        Yang paling penting, memilih niche di mana Anda dapat menetapkan diri sebagai otoritas.
2.    Tentukan nama blog
Coba menentukan secara teliti nama blog dari daftar nama blog dari menulis mereka di selembar kertas, atau berbicara dengan teman-teman dan keluarga untuk mendapatkan ide-ide. Anda juga dapat mencoba menulis bebas untuk melihat apa yang keluar dari pikiran Anda yang berkaitan dengan topik Anda. Usahakanlah untuk memilih nama blog yang unik dan mudah diingat oleh pembaca.
3.    Tentukan di mana untuk membuat dan meng-host blog Anda. Blogger dan Wordpress adalah adalh situs pembuatan blog paling populer sekarang ini.
·          Blogger: Google memiliki blogger dan telah mengaturnya untuk kemudahan penggunaan. Blog Anda akan sangat mudah untuk diatur dan dijaga, dan Anda akan memiliki alat manajemen lalu lintas. Anda dapat membeli nama domain kustom dengan biaya sekitar US $ 10 per tahun atau Anda bisa mendapatkan nama domain BlogSpot gratis seperti yourblog.blogspot.com. Jika Anda sudah memiliki nama domain lain, Anda dapat menggunakannya tanpa biaya.
·          Tumblr.com: situs micro-blogging dunia. Ini menyediakan antarmuka pengguna yang sangat ramah dan bahkan membantu menempatkan iklan di halaman blog Anda untuk mendapatkan uang.
·          WordPress: Dengan WordPress, memulai blog akan mengambil lebih banyak waktu. Namun, Anda akan menemukan bahwa WordPress memiliki berbagai macam alat yang lebih canggih untuk meningkatkan dan mempromosikan blog Anda. Anda dapat membeli nama domain kustom pada WordPress sebesar $ 18 per tahun atau memetakan nama domain yang ada untuk WordPress sebesar $ 13 per tahun. Jika Anda ingin domain gratis, Anda dapat menggunakan sesuatu seperti yourblog.wordpress.com. Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa ada perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Menggunakan WordPress.org adalah cara yang bagus untuk memulai blog Anda. Mereka berdua bebas untuk digunakan. Sementara itu, dengan Wordpress.com,  pembuatan blog diselenggarakan oleh organisasi Wordpress, sehingga domain Anda akan berada pada subdomain dari Wordpress.com. Sementara itu dengan Wordpress.org, Anda diharuskan self hosting, sehingga domain Anda akan berada di nama yang dipilih. Pengembang membatasi blogger dari membuat pendapatan dan sedangkan yang kedua memerlukan mengatur pada host Anda sendiri, maka memungkinkan akses penuh ke backend blog Anda, rangkaian lengkap fitur dan kinerja SEO ditingkatkan.
·          Webs.com: Webs adalah website builder yang telah ada sejak tahun 2001. Segala sesuatu tentang website builder ini disesuaikan dengan fitur seret-dan-tarik mereka. Apa yang lebih baik tentang builder ini, adalah bahwa Anda tidak perlu keterampilan teknis. Segala sesuatu yang Anda perlu tahu tentang apa yang ingin Anda sertakan dalam blog Anda sudah ada di depan Anda dengan mudah untuk melihat / membaca pilihan. Situs pribadi dapat memulai blog secara gratis tanpa masa percobaan. Tentu saja jika Anda ingin beberapa fitur yang disempurnakan Anda perlu mengeluarkan uang Anda.

4.    Promosikan blog Anda
Ada berbagai cara untuk melakukannya, berikut diantaranya:
a)      Menggunakan media sosial untuk menghubungkan orang ke blog Anda.
Anda dapat mempromosikan blog Anda di akun media sosial pribadi atau akun media sosial bisnis Anda. Sebagian besar situs hosting blog secara otomatis akan mempublikasikan link ke posting blog terbaru Anda di Facebook atau Twitter. Carilah pengaturan berbagi atau tombol ketika Anda menerbitkan tulisan Anda. Misalnya, WordPress memungkinkan Anda mengendalikan sistem berbagi dengan pergi ke Dashboard Anda dan klik "Berbagi" di bawah tab "Settings". Blogger memiliki tombol media sosial di bawah posting Anda untuk berbagi.
Tambahkan tombol untuk tulisan Anda. Sehinga embaca Anda dapat mengklik tombol tersebut yang siap untuk membagikan blog Anda di  Facebook, Twitter, Tumblr atau akun mereka yang lain.
b)      Menuliskan sesuatu tentang diri Anda.
Tambahkan halaman "About Me"  di WordPress atau klik "Layout" dan kemudian "Edit" di bawah "About Me" di Blogger. Promosikan keahlian Anda terkait dengan topik Anda serta masukkan informasi pribadi atau informasi latar belakang yang Anda ingin bagikan.
c)      Daftarkan blog Anda untuk menarik lalu lintas.
Anda dapat menambahkan situs Blogger pada daftar milik Blogger. Anda juga bisa daftar blog Anda dengan direktori seperti Technorati atau Blogdex.
d)      Berinteraksilah dengan blog lain.
Jika blogger lain "Suka" situs Anda, kemudian Anda pergi situsnya dan Anda bisa baik itu "like" posting atau pun mengikuti blognya. Berkomentarlah secara teratur di blog orang lain. Orang kemudian akan mengenal Anda dari komentar dan akan datang ke blog Anda untuk menghargai keahlian Anda.
e)      Tambahkan alamat blog Anda ke email pribadi Anda.
Anda juga dapat menambahkan alamat blog Anda ke kartu bisnis Anda.
C. Kesalahan dalam memulai bisnis blogging
1. Penulisan yang buruk
Miskin menulis, jika ditampilkan dalam pengaturan umum seperti blog, akan tampak lebih buruk lagi. Entah itu tata bahasa, tanda baca, penggunaan atau bahkan kesalahan ejaan, merupakan penanda jika blog tersebut tidak ditulis dengan baik, sehingga pelanggan Anda tidak akan datang kembali.
2. Penyajian yang tidak terdapat percakapan
Tulisan blog yang baik adalah mereka yang menginspirasi percakapan dan mengarahkan pembaca untuk berkomentar, berbagi, atau terlibat di dalam konten. Daripada berpikir tentang posting blog sebagai disertasi, berpikir tentang hal ini lebih sebagai pendapat tentang topik panas. Fokuskan pada suatu pendapat atau sudut pandang dan pertahankanlah, kemudian bukalah tempat bagi pembaca untuk merespon.
"Hal yang paling orang tidak mengerti adalah bahwa perbedaan antara posting blog dan artikel majalah adalah perbedaan antara percakapan dan presentasi," tulis Strauss. "Jika saya memberikan presentasi, harapannya adalah bahwa saya akan memberikan ide yang sepenuhnya berpikir kedepan tentang segala sesuatu yang terikat dalam  Q & A di akhir presentasi. Dalam blogging, penting untuk menerbitkan tulisan tentang topik tertentu yang tidak begitu lengkap. Jika blog Anda memiliki kemampuan untuk melakukan percakapan, Anda mendapatkan kesempatan untuk mengatakan satu hal atau satu ide, dan kemudian giliran pelanggan Anda untuk berbicara atau merespon. " tambah Strauss.
3. Promosi yang berlebihan
Seringkali cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda adalah untuk dilihat sebagai sumber daya, bukan sebagai outlet. Jika Anda mencoba untuk menjual pelanggan produk terlalu dini, sebelum Anda benar-benar sudah mengenal satu sama lain atau belajar untuk saling percaya, Anda akan dikira menakut-nakuti mereka. Sebaliknya, membangun blog yang secara teratur menyediakan konten yang menarik, berguna dan berisi informasi (bukan promosi) akan lebih memungkingkan pelanggan untuk membuat keputusan pembelian.
4. Ini tentang orang-orang bukan tentang kata-kata
Dalam kebanyakan kasus, perusahaan memulai blogging sebagai sarana untuk menghubungkan lebih lanjut dengan pelanggan mereka dan pada akhirnya menjual lebih banyak produk mereka. Tapi pesan tersebut tidak berhasil jika orang berada di ujung yang lain, dalam hal ini pembaca, tidak bisa mengerti maupun tidak bisa berhubungan dengan apa yang Anda katakan. "itu bukan apa yang Anda katakan yang penting, itu apa yang mereka dengar.", tulis Frank Lurtz, ahli jajak pendapat dan konsultan di bidang politik.
"Blogger sukses berfokus pada penonton dan pembaca mereka ketika mereka bergerak di atas panggung," tulis Strauss. "Mereka tahu itu tentang orang-orang dan bukan tentang kata-kata. Dengan kata lain, mereka peduli apa yang audiens mereka pikirkan dan mereka sesungguhnya adalah pelajar, sehingga mereka datang ke sana (memulai blogging) dengan pemikiran pemula dan tidak takut untuk mengatakan saya belajar seperti seseorang yang berbicara dengan orang lain dan meningkatkannya. "
5. Ketidakjelasan arah/strategi
Sementara keberagaman adalah hal yang bagus di dalam suatu blog karena hal tersebut mencegah blog menjadi sesuatu yang memalaskan, Anda harus jelas tentang apa yang pengguna dapat peroleh ketika mereka mengunjungi blog Anda
"Pikirkan kembali tentang ketika Anda memulai bisnis Anda dan tentang bisnis tertentu apa yang menarik Anda," tutur Salt. "Jadi, jika Anda seorang pengecer, mengapa Anda menjual apa yang Anda jual? Jika Anda layanan B2B, apa yang membuat Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis tersebut? Masuki kembali semangat yang membuat Anda pergi ke jalan itu; Ketika Anda memasuki semangat tersebut, Anda akan menjadi terlihat jelas pada perspektif orang lain, mereka merasa senang dengan hal itu dan mereka ingin membaca lebih lanjut. " tambah Salt.
6. Tidak memanfaatkan pengalaman Anda
Apa yang membuat perspektif Anda unik dan berbeda dari jutaan blog lain yang di luar sana? Mengapa pembaca harus percaya suara Anda? Jika Anda adalah pemilik bisnis, suatu hal yang jarang untuk memulai blog sebelum Anda menetapkan pelanggan. Jadi jelas, Anda memiliki pengalaman dalam bidang bisnis Anda. Sama seperti Anda menemukan gairah Anda keseluruhan strategi, ekspresikan pengalaman Anda dan pastikan untuk menawarkan perspektif yang unik. Jangan hanya mengatakan apa yang orang lain katakan. Seringkali, gangguan menelurkan kesuksesan.
7. Tidak adanya pemanfaatan teknologi
Sangat penting untuk menguasai dasar-dasar untuk membuat blog Anda agar terlihat baik dan mudah dibaca. Pertimbangkan jenis konten yang bervariasi, entah itu teks blog standar, video wawancara, podcast atau Infographic. Di luar itu, pastikan Anda memanfaatkan semua alat berbagi yang tersedia, seperti halnya RSS feed untuk kemampuan berbagi sosial. Dan yang lebih penting, menggunakan layanan analisis (yang gratis seperti Google Analytics bekerja dengan baik) untuk mengetahui tulisan apa yang tampil baik, cara pengguna menemukan Anda dan lain-lain.

"Pastikan Anda menggunakan semua alat di luar sana yang dapat membantu Anda terhadap SEO, skor keterbacaan, dan semua hal yang berkaitan dengan produktivitas Anda," kata Salt. "Sangat penting untuk berinvestasi dalam hal-hal tersebut, karena jika Anda memulai blogging, Anda perlu menggunakan alat untuk mengatur untuk mendapatkan orang yang benar-benar melihat blog Anda. Beberapa orang menggunakan skor keterbacaan, yang memberitahu Anda tingkat pendidikan yang harus dimiliki pembaca yang membaca tulisan Anda. Jika Anda menulis untuk menarik orang-orang dengan gelar Ph.D, Anda tentu tidak akan menulis kelas tulisan tingkat SMA, dan sebaliknya. Cukup mencari di sekitar apa yang mampu anda kerjakan "                                            

D. Keuntungan dari blogging
1. Mendapatkan pekerjaan yang lebih baik
Menurut Mediabistro, sembilan dari sepuluh perusahaan menelisik profil online sebelum merekrut karyawan baru. Pengusaha ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh online yang kuat:
"Menentukan pengaruh sangat penting untuk merek karena ini adalah apa yang mampu mendorong kemampuan validasi -. Biasanya metode pemasaran yang paling kuat dan hemat biaya yang tersedia", Mark Schaefer, dari sebuah wawancara di Inc.com
Sederhananya, pengusaha lebih memilih untuk mempekerjakan orang-orang dengan pengaruh online yang positif dan blogging adalah cara yang terbaik untuk mencapai itu.
2. Memulai bisnis baru
Terkadang blogging dimulai dari sekedar hobi untuk kemudian menjadi bisnis penuh waktu (full-time business). Itulah yang terjadi pada Pat Flynn yang menciptakan blog dengan nama Green Exam Academy yang menuangkan pemikiran dan wawasannya tentang arsitektur. Ketika Flynn dipecat dari pekerjaannnya, ia memutuskan untuk menangani blognya lebih serius. Hanya sekitar satu tahun, blognya telah mampu menghasilkan 100 ribu dolar.
Pertumbuhan tersebut tidaklah spesifik. Namun cerita dari Flynn merupakan contoh yang sangat baik tentang bagaimana blog bisa menjadi pondasi untuk bisnis yang sedang berkembang jika Anda bersedia untuk berkomiten tentang itu.
3. Mendapatkan klien yang lebih untuk bisnis yan sedang berjalan
Website statis tidak menarik banyak klien baru atau pelanggan. Tapi blog diperbarui secara teratur dapat menghasilkan aliran yang konstan mengenai petunjuk yang baik dari seluruh dunia.Ketika Anda menerbitkan tulisan blog yang mendalam yang mampu membantu klien/pelanggan potensial memecahkan masalahnya, mereka datang untuk memercayai Anda dan menghormati Anda sebagai orang yang ahli dalam lapangan. Jika mereka meminta bantuan lebih dari apa yang bisa ditawarkan oleh tulisan blog, mereka akan cenderung tertarik dalam memekerjakan Anda dalam bisnis.
4. Menjadi penulis yang lebih baik
Satu-satunya cara untuk menjadi penulis yang lebih baik adalah dengan menulis-halaman demi halaman, hari demi hari. Tentu saja, hal tersebut ada pada blogger yang aktif dalam menghabiskan waktunya. Semakin Anda melakukan blogging, Anda semakin lebih baik dalam menjadi penulis.
5.  Menjadi penulis penerbitan
Bisnis penerbitan cenderung tidak akan memilih penulis yang tidak diketahui oleh pembaca pada umumnya. Mereka akan lebih memilih untuk mengontrak penulis yang mampu membangun jaringan dengan pembacanya. Disitulah blog terkait. Sehingga, dengan blogging, Anda bisa menjadi penulis yang hebat dan bisa saja menjadi jalan tercepat untuk menjadi penulis penerbitan.
6. Segera mendapatkan masukan
Penulis pada umumnya harus menunggu berbulan-bulan antara proses penyelesaiannya sampai dengan membaca berbagai ulasan, tetapi blogger dapat membaca komentar dari pembaca pada hari yang sama dimana blogger menerbitkan tulisannya. Hal ini tentu membuat aktivitas blogging merupakan jalan yang bagus untuk mendapatkan umpan balik yang kemudian dapat dikembangkan untuk ide selanjutnya. Memiliki perspektif dari sisi luar dan kritik sangatlah berharga bagi blogger maupun penulis.
7. Memelajari lebih tentang kehidupan orang-orang sekitar
Blogger menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk berbagi ide dan wawasan mereka dengan pembaca mereka. Tapi jika Anda juga membaca, Anda akan menemukan bahwa pembaca Anda berbagi banyak dengan Anda juga melalui komentar yang dilontarkan oleh pembaca Anda.
Mengetahui tentang audiens Anda sangat berharga (ini adalah mengapa perusahaan menghabiskan begitu banyak waktu dan uang untuk menguji produk mereka pada kelompok khusus). Sebagai seorang blogger, memperoleh wawasan ini adalah produk sampingan alami dari kegiatan rutin sehari-hari.
8. Mendapatkan kewibawaan
Apa cara terbaik untuk mengubah dunia? Anda bisa menjadi politikus, aktivis, atau relawan. Atau Anda bisa menjadi seorang blogger. Blogger yang sukses mampu memperoleh khalayak luas dari orang-orang yang percaya dan menghormati mereka.
9. Membangun diri sebagai ahli dalam bidangnya
Siapa saja dapat memulai blog pada setiap topik yang mereka sukai. Pengormatan akan didapat bila Anda ahli dalam bidang tertentu. Tapi seiring waktu, ketika Anda menulis pos lainnya dan membagi keahlian Anda yang lain, blog Anda akan berubah dari sekedar ‘hanya blog yang lain’ menjadi suatu demonstrasi yang kuat dari apa yang Anda kuasai. Menjadi ahli adalah hal yang bagus. Anda bisa mendapatkan pertimbangan untuk berbagai karir, penghargaan, atau pun konsultasi
10.Membangun sebuah jaringan
Memulai sebuah blog adalah cara yang menjamin perluasan jaringan Anda.Tulisan blog yang bernilai dan menarik mampu menghimpun pembaca yang kemudian akan berkomentar di situs Anda dan mengirimkan pesan pribadi kepada Anda melalui halaman kontak Anda. Banyak pembaca meminta bantuan, sedang yang lain akan mencari Anda untuk membantu Anda.
11. Memelajari keterampilan sesuai dengan yang diinginkan
Melalui proses blogging, kebanyakan orang belajar beberapa HTML dan CSS karena mereka akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan kecil di blog sendiri daripada untuk mempekerjakan orang lain. Itu merupakan kabar baik karena kefasihan dalam desain web, HTML, dan CSS sangatlah dihargai keterampilannya di hari dan jaman sekarang ini.
Hal yang  sama juga bisa saja dilakukan untuk memelajari keterampilan lain yang berhubungan dengan blog, seperti desain grafis, SEO, pemasaran konten, dan pemasaran sosial media.
12.Meningkatkan SEO Anda
Pada akhirnya mesin pencari ingin memberikan hasil yang bermanfaat kepada pengguna mereka. Ketika Anda menulis artikel yang bernilai tinggi, google akan memberi Anda pemberitahuan. Setiap posting blog berkualitas tinggi yang dipublikasikan merupakan salah satu kesempatan untuk mendapatkan lalu lintas dari pencarian.
13.Mengoleksi email
Ada banyak pembicaraan tentang media sosial sekarang ini, tapi email masih merupakan cara yang paling dapat diandalkan untuk berkomunikasi secara online. Orang memeriksa email mereka secara teratur dan mereka terbiasa untuk menerima pembaruan penting.
Mendapatkan seseorang untuk memberikan email utama mereka kepada Anda tidaklah mudah. Tetapi sekali Anda memilikinya, Anda memiliki koneksi langsung dengan orang itu. Anda kemudian akan bisa mendapatkan perhatian mereka setiap kali Anda menemukan sesuatu yang Anda pikir akan menguntungkan mereka atau jika ada sesuatu yang penting tentang bisnis Anda atau blog yang ingin Anda beritahukan kepada mereka.
14.Tetap berpengetahuan luas di bidang Anda
Jika Anda sedang mencari insentif untuk tetap ‘up to date’ pada semua informasi terbaru tentang topik tertentu, memulai sebuah blog adalah awal yang baik. Pencarian mingguan Anda untuk memperoleh konten baru akan mengarahkan Anda untuk selau mencari informasi baru dan membagikannya kepada pembaca.
15.Menjual produk
Sebuah blog dapat membuat senuah toko virtual yang besar. Blogger dapat memperoleh keberuntungan dengan menjual Pop-Up Dominasi. Dan blogger lain juga menemukan sukses dengan menjual segala sesuatu dari e-book ke situs keanggotaan.
16.Betemu dengan idola
Nick Scheidies, seorang penulis dari situs incomediary.com tentang bagaimana memperoleh uang secara online, ia pertama kali menjadi seorang pengusaha, pada tahun 2010 ketika ia membantu Nicholas Tart menyusun buku wawancara dengan 25 pengusaha muda top dunia.
Salah satu pengusaha yang ingin ia wawancarai adalah Joe Penna a.k.a Mystery Guitar Man. Seperti Nick Scheidies, ia adalah seorang musisi dan produser video online kreatif.
Jika Nick Scheidies tidak punya blog, tentu ia benar-benar akan memiliki kredibilitas online untuk memperoleh waktu dan tempat ntuk berbicara pada Joe.
17.Mengekspresikan diri
Hal ini cukup sederhana: sebuah blog adalah media ekspresif yang dapat berisi kata-kata, gambar, dan suara. Apakah blog Anda adalah urusan bisnis formal atau buku harian pribadi, blogging adalah bentuk yang kuat untuk mengekspresikan diri.
18.Membantu orang lain
Blog yang baik adalah blog yang membantu pembacanya. Ada blog yang membantu orang menurunkan berat badan, membesarkan anak-anak mereka, memperoleh uang secara online, memberikan informasi mengenai penyakit yang mengancam jiwa, dan masih banyak lagi.
Kekuatan sebuah blog untuk mendidik, menginspirasi, dan membawa orang-orang yang berpikiran sama membuat blogging sebagai cara yang baik untuk membantu orang.
19.Membangun kepercayaan online
Kepercayaan adalah komoditas online yang langka dan berharga. Anda tidak dapat membeli kepercayaan. Itu harus diperoleh dengan menunjukkan komitmen Anda kepada pembaca. Waktu dan waktu lagi.
Ternyata, itulah yang blogger yang baik yang mem-posting tulisan berharga secara teratur, artikel jujur yang ada di blog mereka. Semakin banyak kepercayaannya Anda dapat, semakin mudah untuk mencapai tujuan online Anda.
20.Mengendalikan identitas online Anda
Entah Anda bekerja secara personal atau mewakili perusahaan, ada banyak informasi tentang Anda secara online. Ketika seseorang mencari Anda secara online, Anda pasti ingin memastikan bahwa mereka mendapatkan gambaran yang akurat dan lengkap tentang siapa Anda.
Memulai blog yang mencakup semua basis adalah cara yang bagus untuk mengontrol identitas online Anda dan memastikan bahwa hasil teratas di Google memberikan kesan yang tepat.

E.   Jalan Untuk Mendapatkan Uang dari blogging
1.        ‘Pay per click’ iklan
       Pay-Per-Click’ iklan, juga dikenal sebagai Cost Per Click atau CPC, adalah salah satu model yang paling umum dari iklan internet. Ini hanya berarti pengiklan akan membayar Anda setelah seseorang mengklik iklan mereka.
2.        Jual iklan di blog Anda
       Jika Anda sudah mendapatkan lalu lintas yang layak, Anda mungkin ingin mengambil beberapa hal dalam kendali Anda dan menjual iklan langsung di website Anda. Yang Anda butuhkan adalah sebuah "Beriklanlah dengan kami" halaman di blog Anda daftar keluar format yang berbeda dari iklan yang tersedia dan berapa biaya per bulan. Pastikan untuk menyebutkan Alexa rank, Google PageRank, dan statistik lalu lintas lainnya untuk pembeli agar diketahui.

      Tetapi jika Anda ingin menyelamatkan diri kerumitan menjual, Anda dapat menggunakan berbagai alternatif pihak ketiga untuk menjual iklan seperti BuySellAdds.com dan BlogAds.com.

3.        Jual teks tautan pada blog Anda
       Jika Anda mendapatkan lalu lintas organik yang baik di blog Anda, Anda dapat mencoba iklan teks-link di mana Anda menautkan sepotong teks di situs Anda ke halaman lain di situs yang berbeda.

       Sebelum Anda mencoba ini, pastikan Anda menggunakan tag Nofollow untuk memerangi kemungkinan hukuman Google.
4.        "Cost per Click" jaringan iklan
       Sejauh ini kita telah melihat sebagian besar CPC (Cost Per Click) model untuk iklan. CPC berarti pemasang iklan membayar Anda ketika seseorang mengklik melalui iklan mereka. Sebuah alternatif untuk ini adalah CPT (Cost per Thousand) di mana Anda dibayar untuk setiap 1.000 tayangan iklan yang ditayangkan.

       Dengan CPC, penghasilan Anda dapat sangat bervariasi, tapi itu tidak terjadi dengan CPT. Jika jaringan CPT diatur di, katakanlah $ 5 per 100.000 tayangan maka Anda akan membuat $ 500 total ketika nomor yang tercapai.
5.        Pop-ups
      Memang, banyak pengiklan dan blogger yang tidak suka dengan iklan popup tapi hal ini masih merupakan suatu pilihan yang dipertimbangkan. Anda dapat menampilkan iklan ini sebagai pop-ups atau pop-unders.
6.        Paid reviews
       Anda dapat membuat beberapa uang yang cukup banya dengan menerbitkan ulasan pada berbagai produk dan layanan yang Anda percaya. Hal yang terbaik tentang pengaturan ini adalah dimana Anda dapat memerintah harga per ulasan(paid reviews). Namun, tentu saja itu tergantung pada peringkat Anda dan lalu lintas blog Anda serta niche Anda.
7.        Penjualan afiliasi
       Menjual komisi yang sesuai pada niche blog Anda bisa menjadi sumber nafkah yang besar. Anda dapat mempromosikan produk yang hebat dan kemudian mendapatkan komisi yang besar.

E. Blog dalam statistik
1.      81% dari perusahaan menganggap blog mereka "yang berguna," "penting," atau "kritis." (Sumber: Hubspot)
2.      33% dari perusahaan B2B(Business to business) menggunakan blog. (Sumber: InsideView)
3.      37% dari pemasar mengatakan blog merupakan komponen yang paling berharga dalam pemasaran konten.(Sumber: Konten Plus)
4.      Perusahaan memulai blog memiliki 97% lebih inbound link-tautan yang tertuju pada perusahaan tersebut.(Sumber: Hubspot)
5.      78% dari CMO(Credit Marketing Officer) berpikir konten kustom merupakan pemasaran masa depan.(Sumber: Hanley-Wood Media Bisnis)
6.      Usaha kecil yang mempunyai blog mendapatkan pertumbuhan 126% lebih daripada usaha kecil yang tidak mempunyai blog.(Sumber: ThinkCreative)
7.      Perusahaan yang rutin menulis di blog antara 1-2 kali per bulan memiliki 67% lebih banyak peluang penjualan daripada perusahaan yang tidak mempunyai blog.(Sumber: InsideView)
8.      Setelah Anda menulis 21-54 posting blog, lalu lintas blog meningkat hingga 30%.(Sumber: TrafficGenerationCafe)
9.      Di antara mereka yang menggunakan pemasaran secara e-mail, perusahaan yang memiliki blog mendapatkan dua kali lebih banyak lalu lintas dari pengunaan surel daripada mereka yang tidak mempunyai blog.(Sumber: HubSpot)
10.  Kelompok usia yang paling aktif untuk blogging adalah usia 21 sampai 35 tahun dengan presentase 53,3% dari total populasi blogging.(Sumber: Sysomos)
11.  23% dari total waktu penggunaan internet dikhususkan untuk jaringan sosial atau blog.(Sumber: Dream Sistem Media)
12.  60% dari konsumen merasakan hal yang lebih positif tentang perusahaan setelah membaca konten kustom dari situs perusahaan tersebut.(Sumber: Content Plus)
13.  90% dari konsumen menemukan konten kustom yang berguna, 78% percaya bahwa perusahaan di balik konten, tertarik membangun hubungan yang baik.(Sumber: TMG Media Custom)
14.  Perusahaan dengan kurang dari 10 karyawan biasanya mengalokasikan 42% dari anggaran pemasaran mereka untuk berbagai konten.(Sumber: Konten Marketing Institute dan Pemasaran Profs)
15.  68% dari konsumen cenderung menghabiskan waktu baca terhadap konten dari merek yang mereka kagumi.(Sumber: The CMA)
16.  Blogger meningkatkan penggunaan teknik promosi yang mengarahkan lalu lintas ke pos mereka - termasuk iklan berbayar, penggunaannya yang meningkat sebesar 93% pada tahun 2014. (Sumber:Content Marketing Institute)
17.  Rata-rata, Google mendapat lebih dari 100 miliar pencarian per bulan. Selain itu, lebih dari setengah dari penelusuran berasal dari perangkat mobile. (Sumber: Mashable)
18.  Artikel blog yang disertai gambar mendapatkan penayangan 94% lebih. (Sumber:Jeffbulas)
19.  Rata-rata konten yang bagus (dalam Google) adalah konten yang memiliki 1140-1285 kata.(Sumber:searchmetrics)
20.  71% pemasar menyebutkan bahwa konten visual merupakan bagian dari strategi pemasaran konten mereka.(Sumber:socialmediaexaminer)
21.  $29,896 merupakan rata-rata penghasilan per hari tertinggi yang dimiliki oleh  The Huffington Post. (Sumber:Online Income Teacher)
BAB III
PENUTUP
Blogging merupakan bisnis. Terbukti jutaan dolar telah dihasilkan dari bisnis ini. Memulai blogging memang bukanlah perkara yang mudah. Ada petunjuknya sendiri dalam memulai blog agar mampu menghasilkan blog yang berkualitas, baik untuk diri sendiri maupun orang sekitar. Namun, jika Anda secara pribadi atau pun mewakili suatu perusahaan benar-benar konsisten di dalam bisnis ini dengan tanpa mengutamakan seberapa banyak uang ang didapatkan melainkan dengan mengutamakan seberapa besar efek yang dapat Anda berikan kepada lingkungan sekitar, saya yakin Anda dapat berada dalam daftar peringkat blog terbaik.

REFERENSI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »