Mengenal salah satu PTS berbasis kewirausahaan terbaik di dunia ! Universitas Amikom Yogyakarta


Universitas Amikom Yogyakarta yang secara resmi berdiri pada 11 Oktober 1994, merupakan pelopor terdepan penyelenggaraan universitas dengan berbasis kewirausaahan di Indonesia. Hal tersebut telah ditegaskan oleh mantan dirjen pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc. dikala saya mengikuti seminar bertajuk "Seminar Profesional dan Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)". Ia mengakui, bahwa konsep unversitas dengan berbasis kewirausahan merupakan konsep yang ia harapkan ada di Indonesia. Karena dengan adanya universitas berbasis kewirausahaan seperti amikom maka akan mampu meringankan biaya kuliah yang ditanggung mahasiswanya seperti halnya universitas-universitas lain di luar negeri. Seperti halnya Harvard University yang mahasiswa tinggal membayar 30% dari keseluruhan biaya kuliah yang harus ditanggung mahasiswa. Ya walaupun dalam pengoperasiannya, Harvard University juga dibantu oleh pemerintah setempat dari sisi finansial. 

Prestasi Universitas Amikom Yogyakarta sebagai universitas berbasis kewirausahaan juga telah diakui oleh organisasi ternama dunia, UNESCO, bertajuk "Private Entrepreneurial Model University". UNESCO pada tahun 2009 menjajarkan Amikom dengan 7 PTS terbaik di dunia. 7 PTS tersebut selengkapnya ialah sebagai berikut: Shantou University (China), Harvard University (USA), Mulungushi University (Zambia), The Asian University for Women (AUW) (Bangladesh), STMIK Amikom (Indonesia)-telah berubah menjadi Universitas Amikom-, University of Phoenix (USA), University of Hong Kong (China) dan Linkokwing University of Creativie Technology (Malaysia). UNESCO menyebut Amikom sebagai perguruan tinggi swasta yang yang dalam pengoperasiannya sama sekali tidak dibantu pemerintah, melainkan berasal dari mahasiswa dan kreativitas pengelolanya. Kemandirian Amikom ini lah yang diapresiasi oleh UNESCO yang tentu sebanding dengan prestasi yang telah diperoleh Amikom dikancah nasional maupun internasional.

Bukti nyata dari penyelenggaraan universitas berbasis kewirausahaan di Univesitas Amikom Yogyakarta ini adalah adanya beberapa destinasi kreatif seperti bioskop, MSV Pictures (Animation Studio), Radio MQFM Studio, RB TV Studio, Innovation Center, GIT Solution (Game Studio and Multimedia), TE Internet Service Provider (Networking Server), Time Excellindo (Software House), Entrepreneur Campus (Centre of technopreneurship), Informatics Industry Incubator Centre, Motion Capture Studio. Destinasi kreatif tersebut telah menghasilkan berbagai prestasi yang membanggakan yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat, nasional, dan bahkan internasional. Salah satu prestasi terbaiknya adalah film animasi "Battle of Surabaya" atas karya MSV Pictures yang telah meraih berbagai penghargaan internasional bersanding dengan film-film animasi terbaik di dunia. Berbagai destinasi kreatif tersebut diyakini akan mampu mengembangkan kemampuan mahasiswanya dalam bidang kewirausahaan dan mampu menunjang kehidupan Universitas Amikom Yogyakarta.

Sedikit informasi tambahan, Universitas Amikom Yogyakarta sebenarnya dulunya berbentuk sekolah tinggi. Baru setelah SK perizinan perubahan bentuk diturunkan pada tanggal 20 Januari 2017, Amikom akhirnya berhak menggunakan nama universitas di depannya sejalan dengan ditambahkannya 16 prodi baru untuk jenjang S1. Nah, buat kalian yang tertarik untuk mengenal lebih dalam tentang Universitas Amikom Yogyakarta silahkan langsung saja kunjungi situs amikom.ac.id. Disana kalian dapat melihat dan memantau perkembangan terbaik dari salah satu PTS terbaik di dunia. Disana kalian juga akan mendapatkan informasi tentang bagaimana caranya kalian bisa ambil bagian dalam penciptaan sejarah emas dengan Unversitas Amikom Yogyakarta.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya :)

Sumber:
- pengalaman

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »